Perbandingan BlackBerry vs Android


sumber : klik disini

Sepertinya sich belum ada rencana, tapi siapa tau dapet “rejeki” :), berikut perbandingan-nya :

Push Email Pribadi (non-korporat)
Fitur yang paling dicari oleh pengguna smartphone adalah kemampuan push email. Android dan BlackBerry mempunyai kemampuan Push Email secara native. Tetapi untuk Push Email Yahoo!, android harus di-install aplikasi Yahoo! Mail yang bisa diunduh di Android Market. Sedangkan untuk BlackBerry, konfigurasi email bisa dilakukan melalui satu aplikasi yaitu “Email Settings” dan email Yahoo! pun didukung oleh BlackBerry tanpa harus install aplikasi tambahan. BlackBerry wins.
Skor : BlackBerry (1) – (0) Android

Push Email Korporat
Saya hanya membandingkan email yang menggunakan Microsoft Exchange Server saja, karena selama ini di kantor menggunakan Microsoft Exchange Server. Android secara native sudah bisa push email Microsoft Exchange Server dan hampir realtime (push) dan BlackBerry pun sudah bisa push email korporat. Tetapi untuk BlackBerry harus ikut layanan BES (BlackBerry Enterprise Service) dan email server perusahaan harus memasang aplikasi BES di servernya sebagai “agent”. Hal ini berarti tambahan biaya untuk perusahaan dan karyawan karena biaya BES lebih mahal dari BIS. Android wins.

Skor : BlackBerry (1) – (1) Android

Biaya Data Service
Smartphone tanpa layanan data sama saja seperti dumbphone, haha. Bagi pengguna BlackBerry diharuskan untuk langganan layanan BIS / BES. Kita tidak bahas BES karena selain mahal, BES juga membutuhkan biaya tambahan bagi perusahaan untuk memasang perangkat BES di servernya. Agar BlackBerry bisa digunakan maksimal (Wifi, Internet, Chat, dan Email), pengguna BlackBerry harus mengeluarkan biaya dari Rp 69.000 sampai Rp 100an ribu (maaf tidak update harga BIS hehe). Pengguna Android ada dua pilihan, bagi yang punya pulsa banyak dan tidak fakir pulsa bisa menggunakan layanan data biasa (per KB atau per menit) dari masing-masing operator tetapi bagi yang pulsa terbatas dan ingin menggunakan layanan data unlimited bisa menggunakan Unlimited Data Plan dari operator. Harga bervariasi tergantung operatornya. Saya menggunakan harga Rp 99.000 per bulan (unlimited). Draw.
Skor : BlackBerry (2) – (2) Android

Sinkronisasi Kontak dan Kalender
Sudah tidak jamannya lagi kita punya banyak kontak atau kalender di banyak device. Sekarang jamannya cloud computing, jadi cukup satu kontak untuk semua device. Android menyimpan kontak yang kita tambah, ubah, dan hapus di email Gmail kita kecuali kontak korporat (tersimpan di Exchange Server sesuai akun email outlook kita). Sehingga bila kita ganti device android, kita tidak perlu backup semua kontak ke PC/Laptop. Semua kontak di device android yang baru akan otomatis ter-sinkronisasi di device baru. BlackBerry mengharuskan kita secara berkala melakukan sinkronisasi melalui BlackBerry Desktop Software (dulu BlackBerry Desktop Manager) menggunakan perantara Microsoft Outlook. Bila kita ganti handset BlackBerry, kita harus melakukan sinkronisasi manual.

Apa yang terjadi kalau kita lupa backup / sinkronisasi kontak dan tiba-tiba BlackBerry kita rusak, hilang, atau ganti ? Bye-bye teman. Android wins.
Skor : BlackBerry (2) – (3) Android

Social Network
Hari gini gak punya twitter, facebook, dan foursquare ? gak apa apa sih haha. Android dan BlackBerry punya semua aplikasi social networking. Jadi untuk kategori ini, hasilnya seri alias Draw.
Skor : BlackBerry (3) – (4) Android.

Text Chatting
Yahoo! Messenger, Google Talk, Nimbuzz, you name it ! semua ada untuk Android dan BlackBerry. BlackBerry Messenger ? BlackBerry tanpa BlackBerry Messenger rasanya seperti pesan Burger King Whooper Up-sized tapi gak pake daging. Android Messenger ? never heard of. BlackBerry wins.
Skor : BlackBerry (4) – (4) Android.

Video Chatting
Beberapa device Android sudah ada kamera depan, jadi bisa melakukan Video Chatting menggunakan Yahoo! Messenger di Android atau menggunakan fitur bawaan Android. Kamera depan di BlackBerry ? udah ada belum ya ? setahu saya sih belum ada :)
Android wins.
Skor : BlackBerry (4) – (5) Android.

Web Browsing
Kenyamanan berselancar web itu relatif. Tapi menurut saya, lebih nyaman menggunakan browser bawaan Android. Kalau di BlackBerry sering mengalami tampilan website tidak tampil sempurna dan JavaScript tidak jalan sebagaimana mestinya. Android wins.
Skor : BlackBerry (4) – (6) Android.

Menulis
Kali ini saya akui kalau BlackBerry masih unggul dalam hal menulis. Masih lebih nyaman dengan qwerty keypad daripada touchscreen. Cuma masalah kebiasaan saja. BlackBerry wins.
Skor : BlackBerry (5) – (6) Android.

Keamanan Data
Keluarnya data sensitif seperti data kartu kredit, kontak, alamat, email, dan sebagainya sepertinya lebih aman di BlackBerry. Karena (katanya) RIM menggunakan enkripsi MIL-SPEC alias standar militer amerika yang sudah di sertifikasi oleh Pentagon, sehingga kecil kemungkinan untuk menyadap data yang ada di BlackBerry dan karena BlackBerry menggunakan jalur sendiri maka data bisa lebih terisolasi. Sedangkan Android hanya menggunakan jalur internet biasa, walaupun beberapa aplikasi menggunakan SSL (Secure Socket Layer) tapi tidak menjamin keamanan data yang Anda kirim melalui internet. Apalagi Android menggunakan banyak background service yang mengirimkan data secara periodik. Untuk soal keamanan data, saya rasa hal ini relatif tergantung kebiasaan penggunanya. Jadi kita kasih nilai seri ya. Draw.
Skor : BlackBerry (6) – (7) Android.

Multitasking
Buka aplikasi tapi harus tutup aplikasi sebelumnya ? so last decade banget deh haha. BlackBerry dan Android support multitasking tetapi setelah saya dokumentasi teknis BlackBerry OS dan Android OS, saya menilai kalau Android lebih unggul dalam hal multitasking.

Penjelasan singkatnya begini, bila kita buka 6 aplikasi di BlackBerry. Enam aplikasi tersebut akan memakai blok memory (RAM) BlackBerry. Kemudian bila kita buka satu aplikasi satu lagi, aplikasi terakhir tersebut akan memakai blok memory (RAM) yang masih tersisa. Muat atau tidak muat itu urusan belakangan, yang penting aplikasi yang ke-7 harus masuk memory. Hasilnya adalah “jam pasir” keluar di layar. Jadi ada 2 state di dalam proses BlackBerry OS, running atau tidak-running.

Android melakukan hal yang hampir sama dengan BlackBerry (karena konsep dasar Sistem Operasi seperti itu) tetapi dengan cara yang lebih “pintar” dalam alokasi dan manajemen memori (RAM). Jika 6 aplikasi berjalan secara bersamaan, kemudian ada aplikasi ke-7 yang dijalankan sedangkan memori (RAM) sudah tidak muat, yang dilakukan Android adalah “me-mati suri-kan sementara” aplikasi yang menggunakan resource dan memori besar ke dalam “cache” sehingga aplikasi ke-7 bisa masuk ke memori. Seandainya ada aplikasi ke-8 yang dijalankan, maka Android akan melakukan hal yang sama supaya aplikasi ke-8 bisa dijalankan. Seolah-olah ada 8 aplikasi yang jalan, tetapi 2 aplikasi sedang dalam kondisi “mati suri” didalam cache. Seandainya Anda membuka aplikasi yang sedang “mati suri” tersebut, maka proses yang sama akan dijalankan dengan “me-mati suri-kan sementara” aplikasi ke dalam cache. Sehingga secara teoritis, Android tidak ada batasan multitasking. Batasannya hanya kemampuan prosesor dan ruang di memory (RAM) dan disk Anda

more info about Android Memory Management click here
Untuk hal ini, Android wins.
Skor : BlackBerry (6) – (8) Android.

Tethering
Android dan BlackBerry bisa digunakan sebagai tether device. Tether dan modem beda konsep. Kalau modem, Android atau BlackBerry dijadikan alat yang tersambung ke PC/Laptop untuk terkoneksi ke internet dengan konfigurasi dan connection point dari PC/Laptop (dial number dari PC/Laptop). Tether adalah PC/Laptop/Device tanpa konfigurasi (dial) terhubung ke internet melalui Android atau BlackBerry. Jadi Android atau BlackBerry sebagai connection point-nya (access point). Android bisa melakukan tether (USB/Wifi) secara native untuk Android Froyo. Untuk Android sebelum Froyo bisa menggunakan aplikasi tambahan yang bisa di download di Android Market. Untuk BlackBerry, saat ini yang bisa melakukan tethering adalah BlackBerry keluaran operator Smartfren saja. Untuk operator lainnya hanya bisa menggunakan BlackBerry sebagai USB/Bluetooth modem dan biaya data diluar biaya langganan BIS. Android wins.
Skor : BlackBerry (6) – (9) Android.

Media streaming (Youtube, Radio, Video, dsb)
BlackBerry bisa untuk buka youtube dan stream video yang ada di Youtube, tetapi setahu saya di Indonesia belum ada layanan BIS yang include data streaming (Youtube, Radio, dsb). Untuk streaming kita dikenakan biaya diluar BIS. Video di Youtube berjalan sempurna di Android tanpa harus kena biaya data tambahan (bila menggunakan unlimited data plan).Android wins.
Skor : BlackBerry (6) – (10) Android.

Integrated Inbox
untuk urusan ini, BlackBerry berhasil menyatukan semua informasi (Facebook, SMS, email, twitter, Yahoo!Messenger, Google Talk, dsb) di dalam satu inbox. Android harus mengalah dalam hal ini (kecuali menggunakan aplikasi 3rd party)
Skor : BlackBerry (7) – (10) Android.

Saatnya kesimpulan. Berdasarkan skor yang ada, Android mengalahkan BlackBerry dengan skor 10 lawan 7. Jadi, Android lebih baik dari BlackBerry ? Anda yang memutuskan. Sekali lagi, saya bukan Android fanboy atau saya pembenci BlackBerry. Saya hanya menggunakan perangkat yang tepat untuk kebutuhan saya

About these ads
  1. #1 by Jawara kampung on 9 Mei 2011 - 8:17 pm

    So udah beli yg mana skrang pak Eko nih, Android ato BlackBerry..he he tpi makasih ya pak Infonya,…

  2. #2 by johndoe on 18 Juni 2011 - 5:52 am

    skype : free voip via android.
    bb (7) android (11)

    ndrive : offline gps (like garmin) for android
    bb (7) android (12)

    open source
    bb (7) android (unlimited)

    • #3 by randy on 13 Oktober 2011 - 2:29 pm

      like this

  3. #4 by Mayor Sipayung on 14 Juli 2011 - 6:27 pm

    thanks ya, informasinya.. sangat membantu. :)

  4. #5 by ibenk cool on 3 Agustus 2011 - 12:21 am

    tanks…

  5. #6 by Zulfi on 8 Agustus 2011 - 9:47 am

    thanks buat infonya pak….
    lagi nyari2 info dulu, moga2 habis lebaran ada rejeki :D

  6. #7 by engel on 9 Agustus 2011 - 12:30 pm

    yeah…Android wins..untung ga beli BB heee..
    slain pasaran..n mahal juga..
    thx for the info

  7. #8 by Tongkonanku on 21 Agustus 2011 - 12:18 pm

    Akhirnya pertanyaan saya seputar kelebihan dan kekurangan blackberry vs android, terjawab sudah. :)

  8. #9 by akhue on 6 September 2011 - 2:12 pm

    tq om bat info’a .. Sangat membantu…

  9. #10 by Cinta Indonesia on 9 September 2011 - 10:55 pm

    whatsapp: aplikasi instant messenger seperti bbm yg bisa digunakan antar platform untuk blackberry, iphone, android dan symbian (nokia, soner, dll).

    bb (7) – android (15)

  10. #11 by dewabj on 11 September 2011 - 8:22 pm

    mantap infonya pak.. :D

  11. #12 by zaky on 12 September 2011 - 3:41 pm

    makasih banget pak .. hhhhe
    berguna banget. ngomong ngomong klaw gps, pake biaya provider atau free langsung dari sattelit kaya PDA asus hhe ?

  12. #13 by lericxz on 16 September 2011 - 5:27 pm

    mau tanya , . . saya mau beli hp nih?’ enak’a blackberry curve 8520 to samsung galaxy fit berbasis android floyo ??? tolong saran’a bang , . . ^_^

  13. #14 by Edi Legowo on 17 September 2011 - 10:19 pm

    thank! andrenoid cu
    y

  14. #15 by s.Budi on 19 September 2011 - 10:32 am

    Bagus ntuk infox..udah pake ⢄…mªªªªñÑñ†††ªªªªªPP. SurªªªªñÑñ†††ªªªªªP

  15. #16 by Ucon on 29 Oktober 2011 - 5:27 am

    Kalo buat kerja yang selalu berhubungan dengan email,dan download attachment, BB ma android bs buka doc,xls,ppt,dan pdf spt kmptr ga ya?soalnya urgent bgt bwt milih HP yg pas buat kerja.
    Makasih.

  16. #18 by Adiid on 23 November 2011 - 6:27 pm

    Nice review mass…..!

  17. #19 by ediii on 24 November 2011 - 11:02 pm

    kalo secara performance gmn kang??

  18. #20 by galank wahyu on 2 Desember 2011 - 10:07 pm

    wahh ane jadi tersungging nech sebagai pengguna BB…
    hehe

  19. #21 by Yaman Udayef on 27 Desember 2011 - 2:27 pm

    kalo android biaya data nya mahal nggak kalo bb kan kita harus bayar data buat bbm trus buat paket internet juga beda kan..? so pake android apakah sama..? oia sX”an mau nanyak android bisa app skype..? #saya kurang pengetahuan.

    • #22 by namusatta on 10 April 2012 - 3:50 am

      skype amat sangat bisa. untuk videocall pilih android yg ada kamera depannya. ◦°˚˚˚°◦*♥♡†ђąηk ўσυ*♥ ♡◦°˚˚˚°◦.

  20. #23 by sl4m on 14 Januari 2012 - 10:56 pm

    Nais inpoh gan, berguna tuk calon pengguna… :)

  21. #24 by olipeoile on 15 Januari 2012 - 12:17 am

    Android dah ada juga text chatting (catfiz klo ga salah nmnya) ^__^
    di CATFIZ itu bisa
    1. Install Catfiz
    2. Upload Foto Profil
    3. Komentar Status
    4. Share Foto
    5. Promote NIC
    6. Kategorisasi Kontak
    7. Broadcast Message dll

  22. #25 by andri on 15 Januari 2012 - 2:19 pm

    Di android ada aplikasi LINE yg bisa buat chatting sesama android. Tapi bisa telepon juga tanpa dikenai biaya pulsa (menggunakan paket data/koneksi internet) dan ada jg VIBER yg mempunyai fungsi yg sama ttp bisa cross platform ke iPhone. Jd android-iPhone

  23. #26 by andri on 15 Januari 2012 - 2:25 pm

    Just info. Sy pake android dg kartu gsm 3. Selama ini hanya memakai paket internet yg 500Mb. (Rp. 35.000/bln) sampai paket habis semua fitur internet masih bisa dijalankan. Hanya kecepatan saja yg berkurang. Kalau Blackberry paket sudah habis=mati gaya. Jadi nokia e71

  24. #27 by ezza pramana on 20 Januari 2012 - 8:31 am

    mantabbbbbbbbbbbbbbbb androidddddddddddddddddddd

  25. #28 by YuUlie AMbar on 19 Februari 2012 - 9:17 am

    android TOP BGT dahh :D

  26. #29 by Reza on 26 Februari 2012 - 2:41 am

    E e eh ,makasih banget agan agan ! Oke sya bertekat untuk memakai android, soalnya di block sy banyak banget yang pke BB ,jadi sy mencari episode yang berbeda ,thanks gan thanks.

  27. #30 by surya on 27 Februari 2012 - 3:09 pm

    ga bisa bilang apa-apa, semua type hp bb sudah dicoba, semua type android sudah dicoba, dan kebutuhan saya ada di dua-duanya, jadi 2-2 nya maknyoooossss, kalau bisa punya 2-2 nya kan lebih baguuuusss. siiipppp :):):)

  28. #31 by amanah on 29 Februari 2012 - 8:00 pm

    wawww…keren banget, tulisan ini memecahkan tanda tanya d pikiranku

  29. #32 by arya201005 on 7 Maret 2012 - 2:04 pm

    A N D R O I D YEEEEEEEEEESSSSSSSSSSSSSSSSSSSSS…………………………………….

  30. #33 by yesa on 10 April 2012 - 5:45 am

    android jg udah ad skrg yg tombol qwerty ny:)

  31. #34 by yanis db on 11 April 2012 - 11:45 am

    sekarag terjawab,ga rugi saya pake android dan sesuai kebutuhan saya.tks

  32. #35 by sristyani on 29 April 2012 - 12:36 pm

    Kalo gue sih up to U lo gwe asik pke BB

  33. #36 by andi lantra on 3 Mei 2012 - 7:38 pm

    kalo saya sebagai seorang tekhnisi hp…sangat menyukai dan menyarankan android lebih baik dibandingkan bb..apalgi ada os barunya ics mantaapp skali

    • #37 by andi lantra on 3 Mei 2012 - 7:40 pm

      cobain dulu android baru komentar

  34. #38 by imam on 21 Mei 2012 - 9:33 am

    makanya …..skr bukan saaatnya pelit tenologi seperti RIM lakukan …..
    android memecahkan kebuntuaan ….bahwa teknologi dan bisnis harus bisa di manage kang..!!
    kalau tidak tidak tercipta keseimbangan …….
    sekali lagi good share mr.eko ….

  35. #39 by Raka on 23 Mei 2012 - 8:21 am

    saya setuju mas kalo android lebih unggul, tapi poinnya mungkin lebih objektif kalau blackberry 8 : android 9 menggunakan parameter yg diatas. karena di poin keamanan data sepertinya blackberry unggul dan di poin media streaming draw (sudah ada paket yg include stream). jadi +1 buat BB dan -1 buat android. Cuma sebenarnya ada 1 faktor lagi mas yaitu harga, coba bandingkan spesifikasi hp BB dan android dengan harga yg sama pemenangnya pasti android

  36. #40 by One's Ard on 11 Juni 2012 - 8:41 pm

    android…?? ok.lah,,, sy ttp demen ma android klo gtu..

  37. #41 by Asta Rabiulardan on 22 Juni 2012 - 8:56 pm

    dari dulu binggung milih Android atau BB tapi pas udah dikasih infonya jadi tau kualitas masing-masing… setuju banget atas infonya.

  38. #42 by Ananda Rumi on 23 Juni 2012 - 7:52 am

    Belilah sesuai kebutuhan. Thanks mas bro! Saya akan mulai membeli Android dan BB besok siang. Amn. He!

  39. #43 by HღD (@descagemas) on 4 Juli 2012 - 12:24 pm

    mau beli android aja deh :D
    tapi mudah mudahan sih boleh u.u

  40. #44 by Dani StandAllone Crew on 9 Juli 2012 - 9:50 pm

    :D

  41. #45 by Dea Aida on 18 Desember 2012 - 10:15 am

    ada yang mau beli bb torch saya gak ? jd pgn ganti android nihhhhhh

  42. #46 by Hakim (@Hakimkiem) on 10 April 2013 - 10:44 pm

    tapi kalo ditanya pas kenalan. punya pin apa kagak? punya mas tapi PIN ATM wkwkwkw. suraaammm gk jadi kenalan deh

  43. #47 by Purwanugraha on 21 Juni 2014 - 11:06 am

    setau saya andorid tuh gak bisa multi tasking, karena saat kita tekan tombol menu dan kita masuk kembali ke aplikasi lain maka aplikasi sbelumnya itu pause, nah itu bukan dinamakan multi tasking, tapi blackberry multitasking, karena dia menjalankan semua aplikasi tanpa mempause nya, maka nya bb suka ng-lac atau bisa dibilang jam pasir, hehe , emng menurut agan, apa sih multi tasking itu ?\

Berikan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.009 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: