Artikel

Petunjuk Perekaman Konstruksi Dalam Pengerjaan

Reward And Punishment Pengelolaan BMN

Tanggapan RUU PKN

  1. #1 by operator on 23 Maret 2011 - 10:44 am

    Pa eko, neraca tahunan 2010 kami setelah audited dari BPK berubah, pertanyaannya adalah apakah untuk perubahannya untuk ke KPKNL saya masukan semester I tahun 2011 atau saya lakukan reknonsilasi ulang ke KPKNL untuk per 31 Desember 2010. terimakasih

    • #2 by eko-kpknl-jember on 23 Maret 2011 - 2:41 pm

      silahkan rekonsiliasi ulang, dengan menjelaskan alasan dari pelaksanaan rekon ulang tersebut. Demikian.

      • #3 by Wahyudi on 22 Juni 2012 - 4:21 pm

        jika terdapat satker yg melakukan rekonsiliasi ulang, bagaimana perlakuan atau tugas Wilayah selanjutnya pak, apakah harus rekonsiliasi wilayah ulang juga???

  2. #4 by Robert on 26 Mei 2011 - 3:10 pm

    salam kenal pak’

  3. #5 by Robert on 26 Mei 2011 - 3:16 pm

    asalamualaikum pak.saya mau tanya kenapa persediaan saya gak bisa di back up dan simaknya gak bisa menerima data dari persediaan.persediaan saya versi juli 2010 dan simak versi juni 2010.mohon penjelasan dari pak eko.oh ya pak saya dari sumut.salam kenal sebelumnya.makasih.

  4. #7 by thalib on 9 Juli 2011 - 4:17 am

    Asalamualaikum Wr.Wb.
    salam kenal,
    Pak.Eko, saya aparat SPI dari Satker BLU di Makassar. Saya mau tanya
    1. Dari hasil reviu atas Laporan BMN instansi sya saya menemukan hal2 sbb:
    a. Hasil Penjualan/Lelang BMN yang sudah rusak berat/usang oleh KPKNL setempat, di
    transfer ke Kas Negara, padahal dalam ketentuan Pasal 22 , Ayat (3)] Peraturan
    Pemerintah Nomor 23 Tahun 2005, disebutkan hasil penjualan tersebut adalah pendapatan
    satker BLU. Sy sdh tanyakan ke KPKNL setempat, tapi jawabannya belum memuaskan saya.
    b. telah dilakukan reklasifikasi dari akun Aset Tetap – Peralatan dan Mesin ke akun Aset
    Lainnya – Aset Yang Tidak Digunakan sebesar Rp 595 Juta. Dalam proses reklasifikasi
    tersebut , nilai aset yang di keluarkan dari akun Aset Tetap – Peralatan dan Mesin ternyata
    hanya sebesar Rp 563.Juta , sehingga terdapat selisih sebesar Rp 32.Juta. Operator
    SiMAK nya sendiri tidak mengerti kenapa hal tersebut bisa terjadi.
    c. Seluruh hasil IP telah di input dalam aplikasi SIMAK, tetapi masih dijumpai hal-hal sebagi
    berikut :
    i. terdapat barang yang bersaldo negatif,
    ii. tedapat barang yang tdk memenuhi satuan kapitalisasai masuk dalam kelompok
    Intrakomtabel atau sebaliknya.

    Wassalam, Salam horamat dan terima kasih.

    • #8 by eko-kpknl-jember on 15 Juli 2011 - 9:50 am

      Waalaikum salam Wr. Wb.
      a. Yang berkaitan dengan penerimaan kas negara, dapat dilakukan revisi dengan mengajukan permohonan ke KPPN setempat.
      b. Dilakukan penelitian pada laporan intrakomptabel periode tersebut, dicari selisih pada masing2 rimcian barang.
      c. Lakukan koordinasi dengan KPKNL setempat dan memperhatikan laporan hasil IP.

      Demikian, semoga bermanfaat.

  5. #9 by Namek Sudar Manto on 30 Desember 2011 - 10:09 am

    Mas eko…mo nanya simakbmn tni ni.. di rekap brg persediaan saya untuk saldo awal kok minus ya? padahal saldo akhir periode sebelumnya gak minus. kenapa ya? (seharusnya kan saldo awal periode skg=saldo akhir periode lalu, bukan begitu mas???

  6. #11 by taufiquki on 29 Februari 2012 - 9:56 am

    Mas Eko, sy mau tanya, ini kasus yg sedang dialami Kemenag Bondowoso, smpai skrg antara SIMAK BMN dg SAKPA belum singkron, setelah ditelusuri trnyata smpai th 2011 datanya msh singkron, tp stlah adanya MIGRASI ke aplikasi baru data simak dg sakpa tdk singkron, kami sdh melakukan beberapa langkah tp tetap aja, kira2 langkah apa yg hrs kami lakukan mas??? data yg tdk bs termigrasi udh dimasukkan ke saldo awal, tp hasilnya tetap,,, mohon petunjuknya mas… terima kasih.

    • #12 by eko-kpknl-jember on 2 Maret 2012 - 2:06 pm

      nilai bmn yang tak termigrasi sudah diinput semua pada periode lalu…???

  7. #13 by taufiquki on 5 Maret 2012 - 10:42 am

    Sudah mas,,, Nilai BMN yg tak termigrasi sudah diinput semua pada periode lalu…

  8. #14 by affandi on 5 Maret 2012 - 3:35 pm

    mas eko…mau tanya nih….. ada suatu lokasi berdiri satu rambu suar (a) tepat dilokasi yang sama rencananya rambu suar a mau diganti dengan rambu suar (b) …nah bagaimana untuk proses pencatatannya? apakah rambu suar yang lama (a) bisa di pindah ke lokasi lain. taukah harus di hapuskan? terima kasih

    • #15 by eko-kpknl-jember on 5 Maret 2012 - 5:09 pm

      tergantung dari kondisi dari rambu suar (a) tsb, apabila masih dapat digunakan untuk menunjang TUPOKSI, maka dapat dipindah ke tempat lain.
      Demikian bila kondisi sebaliknya, maka dapat diusulkan proses penghapusannya.

  9. #16 by ibti_Genteng on 5 April 2012 - 9:16 am

    Mwnindak lanjuti sosialisasi SIMANTAP kemarin,disini teman2 antar satker simpang siur infonya,mohon lebih lengkap dijelaskan bagi sekolah yang memiliki tanah waqof kita perlu mengirim apa saja,surat pernyataan kah?bahwa tanah itu tanah waqof atau bagaimana???

    • #17 by eko-kpknl-jember on 7 April 2012 - 2:21 pm

      surat dinas biasa yg menerangkan bahwa pada satker tidak terdapat BMN berupa tanah, karena tanah yg dikuasai berupa tanah wakaf.

  10. #18 by ibti ulatari on 8 April 2012 - 3:38 pm

    oh begitu trims,kami sudah mengirimkan surat keterangannya di alamat email yg di berikan

  11. #19 by Wahyudi on 25 April 2012 - 8:18 am

    Pak Sy minta petunjuk,
    Tahun 2011 ada barang berupa software komputer dari Biro Keuangan & Perlengkapan Kementerian sebanyak 85 Unit diserahkan ke kami sebagai Sekretariat Wilayah untuk di distribusi ke satker-satker yang aktif,
    Oktober 2011 sudah kami distribusi seluruhnya ke satker dan di SIMAK BMN kami melakukan trasfer keluar Software komputer sebanyak 85 unit,

    Namun di tingkat satker hingga Februari 2012 belum melakukan transfer masuk Software komputer yg sudah kami distribusi ke SIMAK BMN Satker,

    Permasalahan :
    – Berita acara serah terima barang adalah tahun 2011
    – Di neraca satker hingga Desember 2012 belum tercatat barang berupa software komputer sehingga bisa menjadi temuan.

    Pertanyaan?
    – Apakah bisa dilakukan penginputan di 2012 semester I???
    – Ataukah melakukan perbaikan berita acara dengan tanggal 2012???

    Mohon Petunjuk Pak.

    Wahyudi (Makassar)

    • #20 by eko-kpknl-jember on 26 April 2012 - 1:35 pm

      permasalahan yang dihadapi oleh satker adalah, BAST yang terlambat. untuk tertib administrasi, memang sebaiknya BAST dirubah menjadi TA 2012.

      • #21 by Wahyudi on 22 Juni 2012 - 4:16 pm

        tetapi dari pihak wilayah melakukan transfer keluar pada tahun 2011… bagaimana Pak??

  12. #22 by Wahyudi on 22 Juni 2012 - 4:26 pm

    Mas ada beberapa pertanyaan, mohon dibantu :
    1. format CALK BMN yang terbaru yg mana yah???
    2. jika pada SIMAK BMN melakukan transfer masuk berupa aset tak berwujud (software komputer), dan setelah SIMAK BMN melakukan pengiriman ke SAKPA, kok di SAKPA tidak terkirim yah???

  13. #23 by Adi Bustomi on 24 Oktober 2012 - 10:57 am

    mas eko, saya mo tanya saya operator SIMAK BMN di salah satu Fakultas PTN, saya mo mengajukan untuk usulan penghapusan berupa software, apakah bisa diajukan bagaimana prosedurnya…?
    karena CD antivirusnya sudah dikumpulkan/di gudangkan di universitas sebagai usulan penghapusan…
    software berupa antivirus. yang sekarang saya tidak tahu, dimana antivirus itu diinstal di komputer.. dan menurut pengakuan asisten terdahulu, software sudah expired…….

    .. mohon pencerahannya

    • #24 by eko-kpknl-jember on 1 November 2012 - 8:48 am

      Untuk penghapusan aset tak berwujud berupa software dapat dilakukan, untuk prosesnya sama dengan penghapusan BMN seperti pada umumnya.
      Demikian.

  14. #25 by amhjunaedi on 18 Desember 2012 - 10:13 am

    saya mau tanya ni mas, di satker kami ada rehabilitasi gedung kelas pada madrasah dengan akun 533121, dgn jumlah total anggaran 85.000.000 dan akmi bagoi menjadi 3 intervolasi, 1, pengawasan dgn jumlah 4.200.000 2. konsultan perencanaan dengan jumlah 6.500.000 dan 3. pekerjaan rehabilitasi dengan jumlah 57.400.000
    yang saya mau tanya adalah bagaimana caranya menginput dalam aplikasi bmn? mksh

    • #26 by eko-kpknl-jember on 18 Desember 2012 - 8:43 pm

      Input menggunakan transaksi KDP. Perolehan KDP untuk SP2D yang pertama, untuk SP2D selanjutnya rekam pada pengembangan KDP.
      Setelah itu lakukan Transaksi BMN –> Perubanahan BMN –> Pengembangan Dengan KDP.

  15. #27 by arhieratna on 27 Desember 2012 - 8:31 am

    sy mw tanya sedikit.kami kan mw melakukan lelang BMN syaratnya berupa SK Penunjukan Penjual dan SK tentang pembentukan panitia penjualan lelang.yg sy mw tanyakan adakah syarat2 khusus dalam penunjukannya. misalnya harus berapa orang atau harus dari panitia penghapusan itu sndr???kl ada sy blh minta formatnya??terimakasih sebelumnya..

    • #28 by eko-kpknl-jember on 8 Januari 2013 - 11:29 am

      untuk pejabat penjual, cukup 1 (satu) orang dan bukan sebagai panitia penghapusan.

  16. #29 by Hariz Affandy on 22 Desember 2013 - 8:12 am

    pak, di satker kami punya tanah wakaf yg sdh terlanjur terekam di SIMAK-BMN; urutan langkah/cara mengeluarkan tnah tsb dr aplikasi SIMAK-BMN2013 bagaimana pak.. mhn bantuan panduan langkah2 nya… suwun

    • #30 by eko-kpknl-jember on 27 Desember 2013 - 1:15 pm

      Kepala Satuan Kerja (KPB) membuat Surat Keputusan yang menyatakan bahwa BMN Tanah tersebut merupakan Tanah Wakaf. Berdasarkan SK tersebut, lakukan koreksi pencatatan, dan rekam Tanah Wakaf sebagai barang pihak ketiga.

      Demikian.
      NB : Dasar dari Surat Edaran DJKN Nomor : SE-10/KN/2009

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: