Sri Mulyani Eksis Lagi di Indonesia


Menkeu

Mantan Menkeu

Semua sudah tahu bila Sri Mulyani sekarang menjadi Managing Director Bank Dunia, bahkan sudah menetap di Washington, Amerika Serikat (AS).

Jauhnya keberadaan wanita yang biasa disapa SMI (singkatan namanya) ini, membuat publik susah untuk mengontak dirinya. Bahkan untuk mengajukan pertanyaan yang selama ini belum sempat terjawab.

Maka dari itu, untuk memfasilitasi masalah itu, dibuatlah website bernama srimulyani.net yang akan menjawab pertanyaan publik mengenai hal ini.

Sebelumnya, pada 18 Mei 2010, P2D menyelenggarakan Forum Kuliah Umum dengan topik “Kebijakan Publik dan Etika Publik”, Sri Mulyani menjawab semua pertanyaan tersebut.

Sambil seakan-akan mengucapkan perpisahan, SMI kala itu menceritakan apa yang dialami oleh dirinya dan mengapa dirinya mengambil keputusan tersebut.

Seluruh pertanyaan publik dijawabnya dengan sempurna olehnya. Termasuk seputar pertanyaan mengapa dirinya terlibat skandal aliran dana Bank Century. Dengan penuh haru ia agak berat untuk meninggalkan tanah kelahirannya tetapi ada tiga hal yang menjadi penutup kuliah umumnya,

“Saya yakin banyak yang menyesalkan keputusan saya. Banyak yang menganggap itu adalah suatu loss atau kehilangan. Saya ingin mengatakan, kepada kalian semua bahwa saya menang. Saya berhasil,” kata Sri Mulyani kala itu.

Kemenangan dan keberhasilan dirinya didefinisikan tidak didikte oleh siapa pun, termasuk mereka yang tidak menginginkan dirinya tidak di sini.

“Saya merasa berhasil dan saya merasa menang karena definisi saya adalah tiga hal, selama saya tidak mengkhianati kebenaran, selama saya tidak mengingkari nurani saya, dan selama saya masih bisa menjaga martabat dan harga diri saya, maka di situ saya menang,” imbuhnya saat itu menutup acara kuliah umumnya yang langsung diberikan tepuk tangan yang meriah oleh ‘mahasiswanya’ malam itu.

Berangkat dari pidatonya malam itu, menjadikan P2D terinspirasi untuk membuat sebuah situs publik untuk memajukan Etika Publik. Karena prinsip utama Etika Publik yang diterangkan oleh SMI adalah mencegah politik menjadi urusan personal.

“Karena sekali urusan personal menguasai politik, maka politik berubah menjadi persekongkolan beberapa orang. Inilah sumber korupsi, feodalisme dan otoritarianisme,” ujar Pemimpin Redaksi srimulyani.net Bagus Takwin. srimulyani.net situs publik yang dibentuk berdasarkan inspirasi oleh pidato SMI 18 Mei lalu saat peluncuran situs srimulyani.net di Hotel Nikko Jakarta, Kamis (30/9/2010) malam.

Link web Sri Mulyani Indrawati klik disini

sumber : klik disini

Iklan
  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: