Direktorat Penilaian Kekayaan Negara Lakukan Uji Penilaian SDA di Taman Nasional Meru Betiri


sumber : www.djkn.depkeu.go.id

4 sudut pantaiDirektorat Penilaian Direktorat Jenderal Kekayaan Negara melakukan uji penilaian Sumber Daya Alam (SDA) berupa hutan hujan tropis dataran rendah pada tanggal 3 s.d. 6 September 2013 di wilayah Taman Nasional Meru Betiri (TNMB) yang berlokasi di Kabupaten Jember.

Kegiatan uji penilaian SDA ini diikuti oleh para penilai dari Direktorat Penilaian, perwakilan penilai dari Kanwil/KPKNL DJKN Jawa Timur serta penilai dari KPKNL Jember selaku tuan rumah. Uji penilaian SDA ini merupakan salah satu bentuk aplikatif dari Buku Pedoman Penilaian SDA sekaligus sebagai upaya peningkatan kapasitas bagi penilai DJKN, khususnya untuk penilaian sumber daya alam hutan.

Pada kegiatan ini tim penilai DJKN melakukan kunjungan pada lokasi hutan yang telah ditetapkan sebagai Taman Nasional Meru Betiri sejak tahun 1997 dengan luas 58.000 Ha (Kab. Jember seluas 37.585 Ha dan Kab. Banyuwangi seluas 20.415 Ha). Sebelum melakukan kunjungan lokasi hutan, Tim diterima oleh Kepala Balai Taman Nasional Meru Betiri Ir. Pratono Puroso yang pada kesempatan itu memberikan presentasi singkat tentang potensi sumber daya alam yang ada di TNMB. Sedangkan dari Tim Penilai DJKN yang dipimpin Indra Safri Kepala Subdirektorat Standardisasi Penilaian Bisnis dan Sumber Daya Alam menjelaskan maksud dan tujuan diadakannya kegiatan uji penilaian SDA ini.

Dalam uji penilaian SDA yang didampingi narasumber ahli kehutanan Ichsan Suwandi ini, Tim Penilai DJKN mengambil sampel untuk mengetahu potensi kekayaan alam di TNMB pada Resort Bandealit yang merupakan salah satu resort di TNMB. Potensi tersebut meliputi potensi Flora dan Fauna yang dianggap bisa mewakili TNMB.  Potensi flora yang diambil sampel oleh tim penilai DJKN diantaranya yang berada di ekosistem hutan hujan tropis dataran rendah, ekosistem hutan mangrove, dan ekosistem hutan pantai. Salah satu potensi flora yaitu bunga langka Rafflesia Zollingeriana dan pohon palahlar (Dipterocarpus Sp), perlu diketahui bahwa bunga Rafflesia Zollingeriana merupakan salah satu jenis rafflesia yang endemik dari bagian timur Pulau Jawa dan sekarang hanya dapat dijumpai di Kawasan TNMB. Sedangkan pohon palahlar termasuk pohon langka yang merupakan endemik pada hutan dataran rendah di pulau Jawa. Jenis pohon ini, selain ada di TNMB juga hanya dapat ditemui di daerah ujung kulon dengan populasi sekitar 5 pohon. Untuk TNMB resort Bandealit, ditemukan 2 pohon palahlar dengan ketinggian 30 dan 40 meter dan diperkirakan sudah berusia lebih dari 100 tahun.

2 pengukuran diameter

Pengukuran Diameter Pohon

Sedangkan untuk potensi fauna yang ada di Resort Bandealit, tim penilai DJKN melakukan pengamatan beberapa jenis satwa berupa banteng (Bos Javanicus), kera hitam/lutung (Trachypithecus Auratus) dan beberapa jenis burung yang dilindungi dan dapat tim penilai DJKN jumpai di kawasan Resort Bandealit seperti burung rangkong (Bucheros Rinocheros) dan pecuk ular (Anhinga Melanogaster).

Selain melakukan pengamatan potensi flora dan fauna, tim penilai juga melakukan survei potensi hidrologi dan potensi wisata dari TNMB. Survei potensi hidrologi dilakukan dengan menyebar tim penilai untuk melakukan wawancara dengan penduduk Desa Krecek Bandealit tentang penggunaan air yang bersumber dari TNMB. Sedangkan untuk survei manfaat wisata di Resort Bandealit sangat sulit untuk menemukan pengunjung sebagai responden pada hari kerja karena wisata di lokasi ini merupakan objek wisata minat khusus. Beruntung pada saat itu terdapat rombongan dari Universitas Jember yang sedang melakukan pelatihan SAR sehingga Tim Penilai DJKN dapat mewawancarai perwakilan dari rombongan tersebut sebagai sampel untuk survei potensi wisata.

Kegiatan lapangan uji penilaian SDA ini, selanjutnya akan digunakan Direktorat Penilaian sebagai bahan simulasi penilaian SDA TMNB dalam rangka menentukan potensi ekonomi dari TNMB sebagai langkah awal dari keinginan untuk menyusun neraca tentang sumber daya alam/hayati yang tidak hanya fisik tetapi juga dalam bentuk moneter.

Oleh : M. Eko Agus Y. (KPKNL Jember) dibantu Tim Dit. Penilaian Kekayaan Negara (PKN)

Foto-foto lainnya

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Iklan

  1. #1 by Teuku Fauzi on 16 September 2013 - 2:42 pm

    mohon maaf mas, boleh minta ebook “proses dan teknik audit internal sektor publik” – STAN 2007 kebetulan salah satu refferensi kuliah saya di akuntansi menggunakan buku itu. trims sebelumnya.

    ________________________________

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: