Aplikasi SIMAK BMN 2013


SIMAK13Kementerian Keuangan menerbitkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor : 1/PMK.06/2013 tentang Penyusutan Barang Milik Negara (BMN) Berupa Aset Tetap Pada Entitas Pemerintah Pusat untuk menyajikan aset tetap secara wajar, mengetahui potensi BMN dan untuk memberikan bentuk pendekatan dalam menganggarkan belanja pemeliharaan atau belanja modal untuk mengganti atau menambah Aset Tetap sesuai Rencana Kebutuhan BMN (RKBMN).

Untuk menunjang penatausahaan penyusutan aset tetap tersebut diperlukan alat bantu aplikasi yakni SIMAK BMN yang sesuai dengan PMK tersebut. Setelah dilakukan migrasi dari SIMAK BMN 10 ke SIMAK BMN 13, diperlukan normalisasi BMN yang belum sesuai tanggal perolehannya. BMN setelah normalisasi akan dilakukan penyusutan yang menghasilkan nilai buku. Untuk lebih lengkapnya, silahkan download Aplikasi SIMAK BMN 2013, berikut :

  1. Installer Aplikasi
  2. Installer Database
  3. Installer Aplikasi Migrasi
  4. Manual Migrasi

Semoga bermanfaat.

 

13 tanggapan untuk “Aplikasi SIMAK BMN 2013

  1. Yth. Pak Eko

    Ingin nanya mengenai aplikasi SIMAK 13.
    Saya mengalami kesulitan melakukan migrasi. Saat ini saya menggunakan OS Windows 7 64 bit. Pada aplikasi SIMAK 2010, database terletak di C/program files. Sementara pada aplikasi SIMAK 13, database terletak pada C/Program Files (X86). Mohon petunjuk cara mengkoneksikan database antara SIMAK 2010 dengan SIMAK 13.

    Demikian, atas perhatiannya diucapkan terima kasih.

  2. asslm…pak saya mau tanya pak…ini di aplikasi SIMAK BMN 2013, DITEMPAT saya ada KDP dan sdh saya input dari perolehan KDP dan Pengembangan KDP.dan saya input data PENYELESAIAN PEMBANGUNAN DENGAN KDP.setelah saya input data dan backup terus saya lakukan log off aplikasi dan masuk aplikasi lagi , data yang saya input tidak tampil di form/MENU PENYELESAIAN PEMBANGUNAN DENGAN KDP.Tapi kalau di cek di menu Daftar Transaksi BMN , untuk data penyelesaian pembangunan dengan KDP bisa tampil quantity dan harganya.

  3. Update SIMAK-BMN 18.00 dan SAIBA 5.0,…setelah rekam belanja modal gedung dan bangunan, kemudian saya kirim ke SAIBA dan hasilnya antara neraca SIMAK-BMN dan SAIBA adalah sama, namun setelah saya cek pada SAIBA – Rekonsiliasi SPM BMN ternyata selisih karena data BMN kosong (warna merah),…Gimana solusinya???

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s