KPKNL Jember Adakan Sosialisasi Pengelolaan BMN dan Persiapan Rekonsiliasi BMN Semester I 2012


KPKNL Jember mengadakan kegiatan sosialisasi Pengelolaan BMN dan Persiapan Rekonsiliasi BMN Semester I 2012 yang diikuti oleh seluruh satuan kerja (satker) di wilayah kerja KPKNL Jember sebanyak 235 satker. Kegiatan sosialisasi dilaksanakan mulai tgl. 12 s.d. 14 Juni 2012 dan 18 s.d. 20 Juni 2012 di 4 (empat) Kab/Kota wilayah kerja KPKNL Jember.

Acara dimulai pada pukul 09.00 WIB, dengan diawali sambutan dari Kepala KPKNL Jember, diwakili oleh Anita Dhamajanti, Kepala Sub Bagian Umum KPKNL Jember, beliau menyampaikan maksud dan tujuan dari kegiatan sosialiasi, yaitu :

  1. Menyampaikan petunjuk penyelesaian bongkaran barang milik negara (BMN) karena perbaikan (renovasi, rehabilitasi, atau renovasi) sesuai Surat Edaran Direktur Jenderal Kekayaan Negara Nomor : SE-4/KN/2012 tgl. 27 Pebruari 2012;
  2. Mendorong Satuan Kerja untuk segera mengajukan penetapan status penggunaan BMN untuk tertib pengelolaan BMN;
  3. Mengajak satker lebih awerenes terhadap BMN yang berada di satker, melalui penyampaian pengelolaan BMN yang tidak digunakan untuk menyelenggarakan tugas dan fungsi K/L sesuai Peraturan Menteri Keuangan Nomor 250/PMK.06/2011 tgl. 28 Desember 2011;
  4. Memberikan persamaan persepsi kepada satuan kerja pada saat pelaksanaan rekonsiliasi BMN semester I 2012.

Kepala KPKNL Jember juga menyampaikan terima kasih atas kehadiran undangan dari satuan kerja yang hadir memenuhi undangan dari KPKNL Jember, dan berharap agar mengikuti kegiatan ini dengan serius, sehingga tema yang diusung pada sosialisasi kali ini dapat tercapai, yakni : “ Mari Kita Berdayakan Aset Negara”, serta menanyakan hal-hal yang kurang jelas mengenai materi yang disampaikan kepada narasumber.

Pada acara berikutnya, Kepala Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara, Wahyu Widodo menyampaikan materi penyelesaian bongkaran BMN karena perbaikan (renovasi, rehabilitasi, atau renovasi) dan mengenai Penetapan Status Penggunaan BMN. “Ketentuan tentang bongkaran BMN ini merupakan hal baru yang perlu disampaikan kepada satuan kerja, serta untuk memberi kepastian hukum dalam penyelesaian bongkaran BMN karena perbaikan dan untuk optimalisasi Penerimaan Negara” pungkasnya..

Selanjutnya pada materi pengelolaan BMN yang tidak digunakan untuk menyelenggarakan tugas dan fungsi K/L atau BMN idle, serta materi persiapan rekonsiliasi BMN semester I 2012 disampaikan secara bergantian oleh staf Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara, Rita Kartika Wardani dan Sigit Suprayogi. Pada pelaksanaan rekonsiliasi BMN semester I 2012 yang akan diselenggarakan pada minggu pertama bulan Juli 2012, KPKNL Jember menerapkan sistem antrian menggunakan mesin antrian touch screen, sehingga pelaksanaan rekonsiliasi dapat berjalan dengan tertib dan lancar.

Pada akhir acara, Wahyu Widodo, Kepala Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara mewakili Kepala KPKNL Jember berharap dengan terlaksananya sosialisasi ini, satker dapat lebih memahami tentang pengelolaan BMN, khususnya terkait penyelesaian bongkaran BMN, penetapan status penggunaan BMN, BMN Idle dan mengetahui prosedur pelaksanaan rekonsiliasi semester I 2012 yang akan diselenggarakan pada minggu pertama bulan Juli 2012.

Oleh : M. Eko Agus Y. – KPKNL Jember

Iklan

  1. #1 by Ulil -Subdit PP- on 26 Juni 2012 - 2:51 pm

    Sangat terbantu dengan blog anda. Terima kasih 🙂

  2. #3 by Ratna Arhie on 18 Juli 2012 - 1:12 pm

    blh minta format CalBMN terbaru g mz??
    ke email
    arhie.ratna@gmail.com
    mksh sblmnya

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: