KPKNL Jember Memberikan Bimtek Pengelolaan BMN Pada Satker Universitas Jember


KPKNL JEMBER MEMBERIKAN BIMBINGAN TEKNIS

PENGELOLAAN DAN PENATAUSAHAAN BMN

PADA SATKER UNIVERSITAS JEMBER

KPKNL Jember memberikan bimbingan teknis pada kegiatan Workshop Pengelolaan dan Penatausahaan Barang Milik Negara (BMN) lingkup Universitas Jember pada tanggal 11 s.d. 13 Mei 2011 di Kalibaru Cottage Banyuwangi. Universitas Jember sebagai salah satu satuan kerja (satker) di wilayah kerja KPKNL Jember berinisiatif mengadakan kegiatan tersebut dengan mengundang nara sumber dari KPKNL Jember.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Pembantu Rektor (PR) II, Dr. Ir. Jani Januar, MT., mewakili Rektor Universitas Jember. Pada kesempatan tersebut PR II menyampaikan maksud dan tujuan dari diadakannya kegiatan Workshop Pengelolaan dan Penatausahaan BMN, diantaranya :

  1. Universitas Jember memiliki BMN yang sangat banyak dan tersebar di masing-masing fakultas dan dibentuk satker pembantu sebanyak 24 unit;
  2. Pemahaman atas pengelolaan dan penatausahaan BMN dari petugas operator BMN masih belum baik;
  3. Meningkatkan kemampuan petugas operator, memberikan motivasi dan mengikuti perkembangan terbaru pada bidang pengelolaan dan penatausahaan BMN;
  4. Mendukung target Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) LKKL dari Kementerian Pendidikan Nasional pada tahun 2012.

PR II Unej bersama Pejabat KPKNL Jember membuka kegiatan Workshop

Pada kesempatan tersebut Kepala KPKNL Jember, Rahmat Effendi yang diwakili oleh Wahyu Nendro dan Widodo Sunarko menyambut baik inisiatif dari Universitas Jember untuk mengadakan kegiatan Workshop Pengelolaan dan Penatausahaan BMN. Pada kesempatan tersebut Kepala KPKNL Jember berharap kegiatan ini dapat menciptakan nilai tambah bagi Universitas Jember dalam rangka Pengelolaan BMN secara umum maupun dalam hal Pemanfaatan BMN yang dapat memberi sumbangan kepada Keuangan Negara sesuai ketentuan yang berlaku. Selain itu, untuk dapat mencapai target WTP. Maka Universitas Jember selaku ujung tombak dari Sistem Akuntansi Instansi (SAI) diminta untuk melaporkan Laporan Akuntabilitas (keuangan dan barang) dengan benar berdasarkan dokumen sumber dengan cara melaksanakan rekonsiliasi internal rutin setiap bulan antara Unit Akuntansi Kuasa Pengguna Barang (UAKPB) dengan Unit Akuntansi Kuasa Pengguna Anggaran (UAKPA).

Workshop yang dihadiri oleh 54 peserta dari fakultas atau lembaga dan dari unit Kantor Pusat Universitas Jember lebih banyak diisi dengan diskusi atas pelaksanaan pengelolaan (penggunaan, pemanfatan, pemindahtanganan dan penghapusan) serta penatausahaan (Aplikasi SIMAK BMN dan Persediaan). Peserta kegiatan sangat antusias dalam diskusi tersebut, sehingga narasumber semakin semangat dalam menyampaikan materi pengelolaan dan penatausahaan BMN.

Beberapa kendala pengelolaan BMN yang disampaikan oleh peserta diantaranya adalah pelaksanaan realisasi anggaran yang menumpuk di akhir tahun yang mengakibatkan volume pekerjaan yang harus diselesaikan oleh petugas/operator SIMAK BMN/Persediaan sangat tinggi yang mengakibatkan pelaksanaan rekonsiliasi dengan KPKNL Jember menjadi terhambat. Pada kesempatan tersebut, narasumber memberikan saran perbaikan kepada Universitas Jember untuk membuat perencanaan realisasi anggaran yang berimbang dan disesuaikan dengan kebutuhan, sehingga tidak terjadi penumpukan realisasi anggaran di akhir tahun.

para peserta serius memperhatikan materi

Sedangkan kendala pada penatausahaan BMN yang disampaikan oleh peserta antara lain : perbedaan Daftar Barang Ruangan (DBR) dengan kondisi barang sebenarnya di ruangan tersebut karena sering berpindah terkait TUPOKSI pendidikan, serta terkait pelaksanaan migrasi yang dilaksanakan mepet dengan pelaksanaan rekonsiliasi semester I 2011 dan perubahan kode barang yang mengharuskan merubah label pada barang dengan kode yang baru. Atas kendala tersebut, narasumber memberikan saran untuk perbedaan DBR, dengan cara memberikan label tambahan yang dibuat berbeda untuk masing-masing ruangan, misalnya dengan pemberian warna yang berbeda, warna merah untuk ruang kuliah I, warna biru untuk ruang kuliah II dan seterusnya. Sedangkan untuk pelaksanaan migrasi terkait pelaksanaan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 29 Tahun 2010 tentang Penggelongan dan Kodefikasi BMN, masih menunggu petunjuk resmi dari Kantor Pusat DJKN untuk pelaksanaan migrasi Aplikasi SIMAK BMN dan Persediaan.

Kepala Biro II dan narasumber dari KPKNL Jember

Pada hari terakhir, kegiatan workshop diisi dengan pembahasan dan kesimpulan atas pelaksanaan pengelolaan dan penatausahaan BMN di Universitas Jember. Penutupan dilakukan oleh Kepala Biro Administrasi Umum dan Keuangan, Dra Endang Siswati Art., mewakili Rektor Universitas Jember. Kepala Biro pada kesempatan tersebut juga membacakan rangkuman kuesioner yang diisi oleh peserta, diantaranya : harapan dari peserta agar kegiatan seperti ini dapat dilaksanakan secara rutin untuk meningkatkan kemampuan dan motivasi dari petugas operator. Selain itu ada salah satu isian kuesioner yang membuat Kepala Biro mengeryitkan dahi, yaitu : Go SIMAK BMN ! Go SIMAK BMN ! Go SIMAK BMN ! Go Go Go ….. dengan diiringi tawa dari seluruh peserta workshop.

seluruh peserta workshop foto bersama

Pada rangkaian penutup, Kepala Biro menyampaikan terima kasih kepada KPKNL Jember yang telah memberikan bimbingan teknis pengelolaan dan penatausahaan BMN kepada seluruh operator SIMAK BMN dan Persediaan Universitas Jember, dengan harapan pengelolaan dan penatausahaan BMN di Universitas Jember berjalan dengan tertib dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

M. Eko Agus Y., KPKNL Jember

Foto terkait lainnya, klik disini

Iklan
  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: