Museum Pendidikan Surabaya, Ada Peran DJKN lho…


Peta Museum Pendidikan Surabaya

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini November 2019 lalu baru saja meresmikan Museum Pendidikan Surabaya di Jalan Genteng Kali Nomor 10, Surabaya, Jawa Timur, bertepatan dengan momentum peringatan Hari Guru, Senin (25/11/2019) pagi. Risma menyampaikan, gedung eks Taman Siswa itu tak ada satu pun yang diubah dari bentuk aslinya, yang dilakukan Pemkot Surabaya hanya memperbaiki.

Museum Pendidikan yang berada di Jalan Genteng Kali No. 10 Surabaya ini dahulu merupakan bangunan eks Sekolah Taman Siswa dengan seluas 1.452 meter persegi.

Bangunan yang berdiri megah dengan arsitektur kuno ini, menyimpan 860 koleksi dari berbagai peninggalan masa lampau hingga sekarang. Menariknya, benda sejarah peninggalan Bapak Pendidikan Nasional Ki Hajar Dewantoro juga tersimpan di dalam museum ini.

Peran DJKN

Tanah dan bangunan yang sekarang menjadi Museum Pendidikan Surabaya tersebut, sebelumnya merupakan Aset Bekas Milik Asing/Tionghoa yang dikelola oleh Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) dalam hal ini Kanwil DJKN Jawa Timur. Pada bulan Mei 2019 lalu, Kanwil DJKN Jawa Timur menyerahkan ke Walikota Surabaya untuk menjadi Barang Milik Daerah (BMD).

Pada saat itu, atas nama Menteri Keuangan, Etto Sunaryanto, Kepala Kanwil DJKN Jawa Timur, selaku Ketua Tim Asistensi Daerah (TAD) Kanwil DJKN Jawa Timur menyerahkan aset berupa ABMA/T SMP/SMA Taman Siswa dengan luas tanah 1.452 m2 di Jalan Genteng Kali Kota Surabaya.

Penyerahan ABMA/T ini adalah pelaksanaan Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 31/PMK.06/2015 tentang Penyelesaian Aset bekas Milik Asing/Tionghoa dan Keputusan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 96/KM.6/2019 tentang Penyelesaian Status Kepemilikan Aset Bekas Milik Asing/Tionghoa SMP/SMA Taman Siswa luas tanah 1.452m2 di Jalan Genteng Kali Nomor 10, Kelurahan Genteng, Kecamatan Genteng, Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur, dengan Cara Pemantapan Status Hukum Menjadi Barang Milik Daerah.

Berita lengkap serah terima dapat dilihat disini.

Foto-Foto Museum Pendidikan Surabaya

Diolah dari berbagai sumber

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s