Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Aset Negara (SIMAN)


SAMBUT ERA DIGITALISASI ASET DENGAN SIMAN

SIMANKantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Jember pada hari Selasa, 14 Oktober 2014 mengadakan kegiatan In House Training (IHT) Aplikasi SIMAN. Kegiatan IHT tersebut dilaksanakan oleh Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara (PKN) yang telah mengikuti Training of Trainer (TOT) SIMAN yang dilaksanakan pada awal Oktober 2014 lalu di Kantor Pusat Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN).

In House Training yang dilaksanakan di ruang rapat KPKNL Jember tersebut, diikuti oleh Kepala Sub Bagian Umum, Anita Dhamajanti dan seluruh pelaksana di Sub Bagian Umum selaku Pengguna Barang, dan Kepala Seksi PKN, Wahyu Widodo beserta staf selaku Pengelola Barang. Narasumber pada kegiatan IHT yakni, Domas Meida Budiyanto yang telah mengikuti TOT SIMAN.

Domas, menjelaskan gambaran umum tentang SIMAN. SIMAN merupakan aplikasi yang digunakan untuk membantu proses perencanaan, penetapan status, penatausahaan, pemanfaatan, pemindahtanganan, dan penghapusan BMN yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Dengan sistem online maka proses permohonan, persetujuan dan penolakan perencanaan, pengelolaan dan penatausahaan BMN dapat dilakukan secara cepat, pengguna barang tinggal mengajukan permohonan atas BMN secara online dan dapat langsung diterima oleh DJKN baik Kantor Pusat, Kantor Wilayah ataupun Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) sesuai dengan pelimpahan wewenang yang berlaku. DJKN dan unit vertikal dapat memproses permohonan tersebut ketika permohonan dalam bentuk hardcopy dikirim, sehingga dapat mempercepat waktu. Ke depannya, semua pengelolaan BMN akan menggunakan SIMAN. Semua dokumen dan foto aset juga bisa tersimpan di SIMAN sehingga bila terjadi perubahan organisasi (seperti adanya mutasi) semua dokumen tetap tersimpan rapi.

untuk informasi lebih lengkap tentang Aplikasi SIMAN, dapat dilihat di web https://www.djkn.kemenkeu.go.id/websiman

Download aplikasi SIMAN :

  1. SIMAN.Beta.Setup.v0.02
  2. Formulir Permohonan Registrasi User SIMAN
  3. SIMAN Pengguna Barang

Info berguna lainnya

8 tanggapan untuk “Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Aset Negara (SIMAN)

Tinggalkan komentar