Sosialisasi Migrasi BMN dan Persiapan Pelaksanaan Rekonsiliasi Semester I 2011


sumber : http://www.kpknljember.djkn.or.id

KPKNL Jember mengadakan kegiatan sosialisasi migrasi aplikasi SIMAK BMN dan Persediaan serta persiapan pelaksanaan rekonsiliasi semester I 2011 pada tgl. 15 s.d. 20 Juni 2011 yang diikuti oleh seluruh satuan kerja (satker) di wilayah kerja KPKNL Jember sebanyak 226 satker. Kegiatan sosialisasi dilaksanakan di Bondowoso, Probolinggo, Jember dan Banyuwangi.

Sambutan Kasubbag Umum mewakili Kepala KPKNL Jember

Acara dimulai pada pukul 08.00 WIB, dengan diawali sambutan dari Anita Dhamajanti, Kasubbag Umum mewakili Kepala KPKNL Jember. Anita menyampaikan tujuan dari kegiatan ini adalah untuk melaksanakan kegiatan migrasi aplikasi SIMAK BMN dan Persediaan sesuai Peraturan Menteri Keuangan Nomor : 29/PMK.06/2010 tentang Penggolongan dan Kodefikasi BMN serta untuk persamaan persepsi antara KPKNL Jember dengan satker pada pelaksanaan rekonsiliasi semester I 2011. Kepala KPKNL Jember mengharapkan, petugas dari satker (operator SIMAK BMN dan operator SAKPA) dapat mengikuti kegiatan ini dengan serius, sehingga pelaksanaan semester I 2011 diharapkan dapat berjalan dengan lancar dan sukses, serta menyampaikan segala kendala permasalahan terkait migrasi maupun hal lainnya terkait Barang Milik Negara (BMN) langsung ke nara sumber.

Peserta sosialisasi menyimak materi SOP Migrasi

Seusai pembukaan dari Kepala KPKNL Jember, acara berikutnya yaitu penyampaian materi SOP Konversi Penggolongan dan Kodefikasi BMN yang disampaikan oleh Kepala Seksi PKN, Widodo Sunarko. Materi ini disampaikan, agar para petugas satker dapat memiliki gambaran umum mengenai pelaksanaan migrasi aplikasi SIMAK BMN dan Persediaan sebelum melakukan praktek migrasi. Pada kesempatan tersebut, Widodo menyampaikan tahapan dari pelaksanaan migrasi, dimulai dari tahap pra pelaksanaan, tahap pelaksanaan dan tahap pasca pelaksanaan. Selain tahap pelaksanaan, yang penting juga adalah tindak lanjut dari pelaksanaan konversi.

Kegiatan berikutnya yakni, praktek migrasi Aplikasi SIMAK BMN dan Persediaan yang dipandu oleh staf dari Seksi PKN. Pada sesi ini petugas dari satker dipandu proses instalasi aplikasi migrasi (SIMAK BMN dan Persediaan) dan instalasi aplikasi SIMAK BMN dan Persediaan baru yang telah sesuai PMK 29 Tahun 2010. Proses migrasi yang dilaksanakan oleh satker secara umum tidak mengalami kendala, nilai BMN sebelum dan setelah proses migrasi telah dibandingkan dan nilainya sama. Proses selanjutnya adalah melakukan pengiriman data hasil migrasi baik yang pindah akun maupun BMN yang tidak termigrasi ke SAKPA. Petugas satker juga dipandu cara pengisian kertas kerja konversi penggolongan dan kodefikasi BMN sebagai kelengkapan dari pelaksanaan migrasi.

Sebelum acara diakhiri, disampaikan juga beberapa hal terkait pelaksanaan rekonsiliasi semester I 2011, diantaranya :

  1. Jadwal pelaksanaan rekonsiliasi semester I 2011. Satker wilayah Kab. Jember diberi jadwal melaksanakan rekonsiliasi semester I 2011 pada tgl. 1 Juli 2011, Kab Bondowoso dan Kab. Situbondo pada tgl. 4 Juli 2011, Kab. Banyuwangi pada tgl. 5 Juli 2011, Kab/Kota Probolinggo pada tgl. 6 Juli 2011 dan Satker dengan jenis kewenangan KP, TP dan UB pada tgl. 7 Juli 2011.
  2. Prosedur rekonsiliasi ulang, yang agak diperketat dengan cara mengingatkan kepada petugas satker untuk melakukan check dan re-check keseluruhan transaksi sebelum melaksanakan rekonsiliasi dengan KPKNL Jember.
  3. Penyampaian soft copy agar dilaksanakan dengan tertib, dengan cara mengirim via email keseluruhan data yang diminta pada tgl. 30 Juni 2011 atau dengan media lainnya selain tgl. 30 Juni 2011 tersebut.
  4. Prosedur penyampaian laporan satker lingkup Kementerian Agama yang disesuaikan dengan surat dari Sekretaris Jenderal Kementerian Agama Nomor : SJ/BIII/KU.00/1771/2011 tgl. 25 Mei 2011.
  5. Penatausahaan BMN dari Barang Rampasan dan dari dana Tugas Pembantuan yang masih belum dilaksanakan dengan tertib, KPKNL Jember siap melayani satker untuk perbaikan pelaksanaan pegelolaan dan penatausahaan BMN yang tertib. KPKNL Jember juga memberikan contoh-contoh surat dan peraturan yang berkaitan dengan BMN.

Pada kegiatan ini, KPKNL Jember juga menyebar kuesioner untuk diisi oleh petugas dari satker sebagai bahan evaluasi dan perbaikan dari pelayanan KPKNL Jember yang dapat memuaskan stakeholder bidang BMN. KPKNL Jember berkomitmen melayani dengan SENYUM (Senang, Nyaman, Unggul dan Memuaskan). Acara berakhir pada pukul 03.00 WIB, dengan sambutan penutup dari Kepala Seksi PKN. (Eko)

Iklan
  1. #1 by kank on 20 Juni 2011 - 12:22 pm

    Pak Eko, dari migrasi SIMAK-BMN menghasilkan ‘BMN yg pindah akun ‘ berupa 153191 Aset Tak Berwujud Lainnya menjasi 153151 Software Rp.100.000.000,-. begitu dikiim dan restore di aplikasi SAKPA, Software tidak muncul, sehingga neraca di SAKPA berkurang Rp.100.000.000,-.daripada neraca di SIMAK-BMN,
    Mohon solusinya,.
    Terima kasih.

    • #2 by eko-kpknl-jember on 25 Juni 2011 - 6:33 am

      Hal tersebut telah kami sampaikan kepada kantor pusat kami/programmer, kami juga sedang menunggu konfirmasi dari kanpus.

    • #3 by eko-kpknl-jember on 25 Juni 2011 - 6:35 am

      Akun Software belum ada referensinya pada Aplikasi SAKPA. Telah kami sampaikan kepada programmer..

  2. #4 by Obhe on 22 Juni 2011 - 8:27 am

    ass Pak eko, bagaimana cara menghilangakan doubel Nup pada aplikasi simak yg lama?? yg ktanya merupakan syarat agar tidak timbul saldo negatif pada saat migrasi
    kmudian utk rekon saldo awal audited (yg berubah krn koreksi audited) apakah bsa dilakukan pada saat yg sama dengan rekon semesteran di kpknl stempat? dan syarat2nya
    Terima kasih pak

    • #5 by eko-kpknl-jember on 25 Juni 2011 - 6:59 am

      Kaitannya dengan double NUP, bapak bisa menghubungi KPKNL terdekat, karena petugas KPKNL telah diberi petunjuk tentang masalah Double NUP maupun berkaitan dengan saldo awal audited. Demikian

  3. #6 by nurina_susan on 24 Juni 2011 - 4:23 pm

    pak sy ingin bertanyat tentang aplikasi persediaan, di dalamnya ada transaksi, lalu hasil opname fisik, kegunaan dr transaksi tersebut apa saja ya pak? dan kapan kita harus menggunakan? terima kasih, kebetulan sy baru sebagai petugas simak.

  4. #7 by MASBRO84 on 25 Juni 2011 - 10:23 am

    PAK EKO, BARANG KONSUMSI YANG SUDAH SAYA KIRIM DARI PERSEDIAAN BARU (2010) KE SIMAKBMN BARU (2010) DAN SUDAH MUNCUL PADA NERACA SIMAKBMN BARU, SETELAH SAYA KIRIM KE APLIKASI SAKPA 2011 KOK NILAI BARANG KONSUMSINYA TIDAK BERUBAH???????????????

  5. #9 by HERMAN on 2 Juli 2011 - 12:21 am

    Assalamu’alaikum mas eko, saya sudah melakukan konvensi SIMAK BMN dan Persediaan tapi setelah dikirim ke SAKPA neraca selisih ( Lebih besar SIMAK ). mohon petunjuk………

  6. #10 by Epingk Cay on 26 Juli 2012 - 8:53 am

    Assalamu alikum pak Eko….. Gmna ya caranya membuat SOP persedian????
    Mhon bantuannya..

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: